Umkm Adalah dan Contohnya

  • Admin
  • Mei 17, 2022

Umkm adalah – Sebagian besar warga pastinya mengenal kepanjangan UMKM. Akan tetapi, bagaimana dengan pengertiannya? Penjelasan UMKM merupakan badan usaha yang dipunyai secara personal ataupun atas nama badan usaha dan memenuhi persyaratan selaku usaha micro. Sekarang ini UMKM merupakan bidang yang begitu penting sebagai pendorong roda ekonomi warga khususnya untuk kelompok menengah ke bawah.

Umkm Adalah Singkatan Dari

Kepanjangan UMKM yakni Usaha Micro Kecil dan Menengah. Usaha micro ialah kelompok untuk usaha yang dipunyai seorang dan penuhi persyaratan menurut undang-undang. Usaha kecil yakni usaha ekonomi yang digerakkan secara perseorangan atau badan usaha dan bukan sebagai cabang dari sebuah perusahaan besar yang membagi dirinya menjadi suatu perusahaan kecil. Sementara itu Usaha Menengah adalah usaha yang sudah dilakukan oleh seorang atau badan usaha dan bukan cabang dari perusahaan besar.

Ciri-ciri UMKM

Hal yang menjadi pembanding usaha ekonomi hingga ditempatkan dalam kelompok UMKM ialah jumlah kekayaan bersih yang dipunyai. Usaha micro mempunyai kekayaan bersih maksimum 50 juta rupiah. Sedangkan usaha menengah memiliki kekayaan bersih 50 juta sampai 500 juta dan bentang pemasaran pada sebuah tahun capai 300 juta sampai 2,5 milyar rupiah.

contoh umkm

Dan usaha menengah atas mempunyai kekayaan bersih 500 juta sampai 10 milyar rupiah dengan hasil pemasaran /tahun 2,5 milyar sampai 50 milyar. Tetapi kekayaan bersih itu tidak terhitung tanah dan bangunan yang digunakan sebagai tempat berjalannya UMKM.

Pajak UMKM

Sama dengan usaha ekonomi yang lain, ada pajak yang ditanggung untuk aktivitas UMKM. Berita terkini berkenaan pajak UMKM yakni pemangkasan biaya pajak pendapatan oleh pemerintahan yang sebelumnya 1% jadi 0,5%. Disamping itu pajak UMKM ditata dalam ketentuan pemerintahan (PP) Nomor 23 Tahun 2018 mengenai pajak pendapatan.

UMKM merupakan usaha ekonomi yang memperoleh perhatian besar dari pemerintahan khususnya pada zaman globalisasi seperti sekarang ini. Tubuh Pusat Statistik (BPS) memprediksi data jumlah UMKM di Indonesia 2019 capai 62,93 juta orang. Dari keseluruhnya jumlah itu sekitaran 97% masih dikuasai oleh usaha micro.

Peruntukannya, 62,93 unit usaha masuk ke kelompok micro, 63.450 unit usaha dalam kelompok kecil, dan 5.132 dalam kelompok menengah. Jumlah wiraswasta wanita makin bertambah dengan tambahan 1,enam juta orang hingga sekarang ini sejumlah 14,tiga juta orang.

Data UMKM Digital di Indonesia

Penjelasan UMKM ialah usaha ekonomi bertaraf micro, kecil, dan menengah, tetapi tidak berarti wajib melakukan transaksi bisnis dengan konservatif. Perubahan tehnologi sebagai peluang UMKM untuk meningkatkan diri. Dari data jumlah UMKM di Indonesia 2022 yang diambil dari smesco.go.id, baru 16,4 juta aktor UMKM telah terhubung dengan tehnologi digital untuk memperkenalkan produknya. UMKM ialah roda pendorong ekonomi kerakyatan hingga masih minimal orang yang manfaatkan tehnologi untuk memperkenalkan produknya membuat pemerintahan terus-menerus menggerakkan unit usaha supaya berbasiskan digital.

umkm adalah
umkm adalah

Contoh UMKM di Indonesia

Contoh-contoh UMKM dapat secara mudah dijumpai di sekitar lingkungan dan meliputi banyak sektor seperti kulineran, mode, electronic, sampai jasa. Contoh UMKM yang berada di sekitar lingkungan ialah warung makan, toko baju (distro), dan toko perlengkapan electronic. Dan untuk sektor jasa ialah perseorangan atau tubuh usaha yang tawarkan service jasa seperti service AC dan photografer.

Itu lah keterangan berkenaan apakah itu UMKM dan misalnya. Dari keterangan di atas bisa disaksikan jika pemahaman UMKM ialah usaha ekonomi yang mendapatkan support pemerintahan dan penuhi persyaratan tertentu sama sesuai undang-undang. Disamping itu, UMKM ialah program yang bisa menyejahterakan rakyat bila beberapa program yang digerakkan pemerintahan untuk UMKM bisa terwujud secara baik.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.