Titik Impas Sebuah Usaha Disebut

  • Admin
  • Feb 20, 2022
Titik impas sebuah usaha disebut? ….
A. BPOM
B. BEP
C. BAN
D. BFT
E. BATH

Jawabannya adalah B.

Pembahasannya :

Apakah itu BEP (Break Even Poin) ?

Mendapatkan Untung ataupun rugi merupakan suatu hal lumrah dan sering terjadi dalam menjalankan bisnis. Sebuah perusahaan dapat disebutkan untung bila penghasilan perusahaan tersebut melewati lebih dari modal yang dikeluarkan, tapi kebalikannya perusahaan dapat disebutkan rugi bila penghasilan tidak bisa tutup modal yang dikeluarkan. Nach, bagaimana bila perusahaan tidak alami untung atau rugi? Itu yang disebutkan dengan titik impas atau break even poin.

Break even poin atau BEP merupakan suatu keadaan ketika saat penghasilan sebuah perusahaan sama ketika ia mengeluarkan modal pada awal membuka perusahannya. Akuntansi menyebutkan BEP sebagai titik impas, karena perusahaan tidak mendapatkan untung atau rugi.

Modal yang dikeluarkan untuk ongkos operasional sama banyaknya dengan penghasilan yang diterima. BEP ini tentunya sangat penting bagi perusahaan, karena perusahaan bisa mengetahui perkiraan keuangannya untuk masa seterusnya.
titik impas sebuah usaha
titik impas sebuah usaha
Ada 4 komponen sebagai pembentuk break even poin, salah satunya:
  1. Ongkos masih tetap atau fixed biaya, yang disebut ongkos harus yang dikeluarkan oleh perusahaan, seperti upah pegawai, ongkos sewa gedung dan/atau sewa gudang, ongkos penyusutan mesin, dan lain-lain;
  2. Ongkos tak tetap atau faktor biaya, yang disebut ongkos dengan nilai yang beralih-alih, bergantung dengan turun-naiknya keinginan. Contoh dari ongkos tak tetap ini terhitung ongkos listrik, air, telephone, bahan baku, transportasi, dan lain-lain;
  3. Nilai jual atau price, yang disebut harga yang ditetapkan sesudah menyaksikan semua ongkos produksi ditambah lagi nilai margin yang didapat.
  4. Harga barang dihitung per unit, dan; Penghasilan atau revenue, yang disebut pendapatan yang didapatkan dari semua pemasaran.
Bila sebuah perusahaan ada di titik impas, bagaimana dengan perpajakannya? Saat sebuah perusahaan hitung break even poin, karena itu pajak pendapatannya tidak berperanan karena pajak yang dibayar atas pendapatan 0 ialah 0. Ini karena keuntungan bersih didapatkan saat penghasilan operasional dikurangkan pajak pendapatan.

Faedah BEP (Break Even Poin )

Sama seperti yang telah disebut sebelumnya, kehadiran BEP dapat menjadi dasar untuk perusahaan dalam ketahui keadaan keuangan di masa seterusnya. Lantas, apa faedah yang didapatkan saat perusahaan hitung titik impasnya?
  1. Perusahaan akan mengetahui berapakah kurang lebih nilai jual minimum satu barang supaya tidak alami rugi.
  2. Ketahui perkiraan seberapa banyak barang yang akan dibuat supaya tidak melewati jumlah hingga keseluruhan keuntungan dapat tutup ongkos pengeluaran.
  3. Perusahaan dapat memberi nilai investasi yang pas hingga dapat menyeimbangi ongkos awalnya untuk memproduksi.
  4. Perusahaan dapat menganalisa harga jual saham yang pas dan lakukan rencana bujet dan prediksi keuangan.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.