5 Perbedaan Piutang Dagang dan Piutang Wesel

5 Perbedaan Piutang Dagang dan Piutang Wesel

Piutang adalah tipe transaksi bisnis yang berada di akuntansi berbentuk harta atau hak yang belum terbayar oleh customer yang berhutang pada seorang, satu perusahaan, atau satu organisasi untuk barang dan service yang sudah diberi pada customer itu dalam periode saat yang sudah ditetapkan saat kesepakatan atau kesepatan saat sebelum berutang.

Pengertian Piutang Dagang

Piutang Dagang ialah semua wujud bill perusahaan ke konsumen setia atau customer akibatnya karena pemasaran barang atau jasa secara credit yang tidak dibarengi surat maupun bill secara resmi, tetapi dari elemen keyakinan dan peraturan yang sudah di tentukan persyaratan ketetapan pemasaran di awal kesepakatan atau persetujuan bersama.

Pengertian Piutang Wesel

Piutang Wesel ialah semua wujud bill yang muncul akibatnya karena pemasaran barang secara credit yang dibarengi surat bukti kesiapan bayar uang di saat tertentu dan persyaratan ketetapan pemasaran di awal kesepakatan atau persetujuan bersama. Jika periode waktu wesel dipastikan dalam bulan, karena itu penghitungan wesel dalam jumlah bulan dari tanggal penarikan, begitu halnya hari atau tahun.

Perbedaan Piutang Wesel dan Piutang Dagang

Dari pengertian diatas dapat dapat kita jabarkan kembali perbedaan dari piutang dagang tersebut, adapun perbedaan piutang dagang dan wesel terbagi menjadi 4 bagian yang dapat anda simak di bawah ini:

piutang dagang adalah
piutang dagang adalah

Piutang Dagang

Tidak Tercatat

Piutang dagang ialah bill yang tidak dibarengi surat kesepakatan tercatat (resmi). Umumnya cuma memercayakan elemen keyakinan pada konsumen setia dan peraturan dari perusahaan.

Tetapi demikian, umumnya pada transaksi bisnis pemasaran credit yang memunculkan piutang dagang, pada faktur pemasaran biasanya ada persyaratan pembayaran yang perlu dibayar oleh kreditur.

Maknanya, konsumen akan memperoleh potongan harga jika membayar hutangnya 10 hari awal sesudah pembelian. Dan periode waktu pembayaran pelunasan pembayaran piutang sepanjang 30 hari sesudah hari pembelian credit dilaksanakan.

Periode Waktu

Usia piutang dagang tidak lebih satu tahun . Maka piutang dagang terhitung salah satunya tipe aktiva lancar.

Tidak Dapat Diperdagangkan

Piutang dagang tidak dapat diperjualbelikan pada pihak ke-3 .

Saat perusahaan memerlukan dana selekasnya, piutang dagang itu tidak dapat dipasarkan pada pihak lain. Harus menanti konsumen setia (kreditur) itu membayarnya.

Tidak ada Bunga

Pada piutang dagang tidak ada bunga yang ditanggung ke kreditur. Bahkan juga seringkali diberi potongan (potongan harga) dengan persyaratan tertentu seperti persyaratan pembayaran 2/10, n/30

piutang wesel adalah
piutang wesel adalah

Piutang Wesel

Ada Surat Resmi

Piutang wesel ialah bill (piutang) yang dibarengi dengan surat kesepakatan tercatat. Resmi. Sah.

Isi surat kesepakatan hutang itu berisi mengenai kesiapan kreditur untuk membayar uang sebesar yang tercantum pada surat dan pada periode saat yang telah ditetapkan.

Periode Waktu

Biasanya, piutang wesel berjangka waktu kurang dari dua bulan. Tetapi begitupun ada piutang wesel yang berjangka waktu lebih satu tahun.

Piutang wesel yang kurang dari 1 tahun terhitung di dalam aktiva lancar.

Dan piutang wesel yang periode waktunya lebih satu tahun tak lagi terhitung di dalam aktiva lancar, tetapi piutang periode panjang (tidak lancar).

Dapat Diperdagangkan

Piutang wesel dapat dijualbelikan pada pihak ke-3 . Atau dipindahkantangankan.

Saat perusahaan memerlukan dana periode pendek, perusahaan dapat jual piutang wesel yang dipunyainya pada pihak lain. Biasanya dipasarkan ke Bank.

Tetapi, harga pemasaran piutang wesel lebih rendah / dipotong dari nilai wesel itu (didiskontokan).

Ada Bunga

Pada piutang wesel biasanya dibarengi dengan bunga yang perlu dijamin oleh kreditur. Bunga ini kelak bisa menjadi tambahan penghasilan selainnya pemasaran barang.

Tanpa pengetahuan, tindakan tidak berguna dan pengetahuan tanpa tindakan adalah sia-sia.

Anda mungkin juga suka