Wawasan Nusantara : Pengertian Menurut Para Ahli, Konsep, Hakikat, Tujuan, dan Implementasinya

  • Admin
  • Apr 17, 2022

Wawasan Nusantara – Sudah pernahkah anda mendengar mengenai istilah atau kata wawasan nusantara? Apa pemahaman dan keterangan dari istilah itu? Bila belum karena itu berikut akan diterangkan berkenaan dengan pengertian, konsep, hakikat, tujuan, dan juga implementasinya dalam masyarakat. Pemahaman wawasan nusantara sebagai satu langkah pandang atau sikap bangsa Indonesia dengan wujud geografis yang didasari pada UUD 1945 dan Pancasila. Ide wawasan nusantara itu meliputi memprioritaskan dan menghargakan Bhineka Tunggal Ika untuk terwujudnya arah nasional.

Pengertian Wawasan Nusantara

Istilah wawasan nusantara datang dari Bahasa Jawa yaitu wawas, nusa, dan di antara. Wawas sendiri bermakna pantauan atau penglihatan inderawi. Dalam pada itu nusa maknanya pulau dan di antara mempunyai makna dua Samudera dan dua benua.

Jadi wawasan nusantara ialah langkah pandang negara ini pada kesatuan pulau yang berada di di antara dua benua dan dua samudera. Berdasar pemahaman wawasan nusantara itu karena itu peranan wawasan nusantara sebagai dasar atau referensi negara Indonesia.

Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Para Ahli

Wan Usman

Menurut Wan Usman, wawasan nusantara adalah langkah pandang bangsa Indonesia berkenaan diri dan tanah air sebagai negara kepulauan dalam semua faktor kehidupan yang bermacam.

St Munadjat Danusaputro

Menurut St Munadjat Danusaputro, wawasan nusantara merupakan langkah pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkukngannya dalam keberadaan yang sama-sama tersambung dan aplikasinya di tengah-tengah lingkungan berdasar azas nusantara.

S Sumarsono

Menurut S Sumarsono, wawasan nusantara artinya nilai yang menjiwa seluruh peratuan perundang-undangan yang berjalan pada tiap strata di semua daerah negara. Ketentuan itu memvisualisasikan sikap, sikap, memahami, dan semangat nasionalisme berkebangsaan yang tinggi dan jadi identitas jati diri bangsa indonesia.

Samsul Wahidin

Menurut Samsul Wahidin, wawasan nusantara ialah langkah pandang, langkah pahami, langkah meresapi, langkah berlaku, langkah melakukan tindakan, langkah berpikiran, dan perilaku untuk bangsa Indonesia sebagai hasil hubungan psikis, sosiokultural dalam makna luas dengan aspek asta grata.

M Panggabean

Menurut M Panggabean, wawasan nusantara ialah doktrin politik bangsa indonesia untuk menjaga keberlangsungan hidup NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dengan menimbang dampak ekonomi, geografi, demografi, tehnologi, dan peluang vital lain.

Sabarti Akhadiah

Menurut Sabarti Akhadiah, wawasan nusantara ialah langkah pandang bangsa indonesia mengenai diri dan lingkungannya sesuai Pancasila dan UUD 1945 sebagai wujud inspirasi bangsa yang merdeka, berdaulat dan bermartabat yang menghayati peraturan di dalam meraih arah bangsa.

wawasan nusantara menurut para ahli

Fungsi Wawasan Nusantara

Berikut keterangan lebih komplet berkenaan fungsi wawasan nusantara:

Konsep Ketahanan Nasional

Peranan pertama dari wawasan nusantara sebagai ide ketahanan nasional. Pengetahuan wawasan nusantara mempunyai peranan untuk menggenggam peranan utama di rencana pembangunan, pertahanan keamanan secara nasional, dan berperanan penting dari sisi kewilayahan.

Wawasan Pembangunan

Peranan pembangunan Indonesia dipunyai oleh ide ini. beberapa elemen yang berada di dalamnya misalnya kesatuan politik, sos-pol, keamanan negara, pertahanan negara, sosial, dan ekonomi bersatu jadi satu.

Wawasan Kewilayahan

Ide wawasan nusantara berperan di pengetahuan mengenai kewilayahan Indonesia. Pengetahuan wawasan kewilayahan itu meliputi batasan daerah yang mempunyai tujuan untuk menghindar ada peluang perselisihan dengan negara tetangga.

Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia (Pertahanan Dan Keamanan)

Peranan yang paling akhir sebagai wawasan untuk keamanan dan pertahanan nasional yang ke arah penglihatan geopolitik. Wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia terhitung salah satunya daerah NKRI keseluruhannya.

Ide itu mempunyai arah tertentu. Bila disaksikan pada umumnya, arah wawasan nusantara untuk menolong merealisasikan rasa cinta pada Indonesia dari semua sisi kehidupan rakyat negara ini. Arah wawasan nusantara dari sisi nasionalisme itu dipastikan pada sikap dan perlakuan warga yang hendak memprioritaskan kebutuhan nasional di atas kebutuhan individu, suku, agama, atau ras.

Selainnya arah, pemahaman wawasan nusantara meliputi pada hakekatnya. Inti wawasan nusantara yakni kesatuan negara dalam pemikiran yang lengkap untuk kebutuhan semua warga negara Indonesia. Semua warga dari semua susunan sebaiknya berlaku dan berpikiran untuk kebutuhan bangsa dan negara. Maka pada intinya inti wawasan nusantara ialah kesatuan dan kesatuan NKRI dari sisi ekonomi, pertahanan keamanan, sosial budaya, dan politik.

apa 20itu 20wawasan 20nusantara

Contoh Implikasi Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara mempunyai implikasi sendiri. Implementasi itu dapat disaksikan dari beragam faktor kehidupan negara itu dimulai dari sisi ekonomi, politik, keamanan dan pertahanan, dan sosial. Berikut implikasi wawasan nusantara dari beragam faktor :

Ekonomi

  • Pembangunan ekonomi yang rata dan imbang setiap wilayah agar dapat kurangi berlangsungnya kemiskinan.
  • Kesertaan semua kalangan masyarakat misalnya pemberian credit micro untuk peningkatan usaha kecil.

Politik

  • Hukum sebagai dasar penerapan kehidupan di Indonesia.
  • Jaga sikap plurarisme untuk menjadikan satu ketidaksamaan di Indonesia.
  • Penerapan kehidupan politik yang telah ditata berdasar UUD.

Pertahanan dan Keamanan

  • Meningkatkan keterdisiplinan diri dalam memiara lingkungan, dan menolong memberikan laporan hal yang menghancurkan keamanan dan ketertiban.
  • Menolong dalam pembangunan fasilitas dan prasarana dalam sektor keamanan.

Sosial

  • Menolong jaga keanekaragaman budaya, bahasa, dan status sosial Indonesia.
  • Menolong melestarikan dan meningkatkan budaya Indonesia dan menjadikan sebagai arah rekreasi untuk menambahkan sumber pendapatan di setiap wilayah.

Demikian keterangan berkenaan pemahaman, ide, peranan, arah, dan implikasi dari wawasan nusantara. Mudah-mudahan keterangan berikut dapat menambahkan info untuk Anda semua. Demikian.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.