Macam-Macam Teori Ilmu Sastra Yang Anak Sastra Harus Tahu

Macam-Macam Teori Ilmu Sastra Yang Anak Sastra Harus Tahu

Pusatpelajar.com – Bagi sebagian orang menganggap bahwa berkuliah di jurusan sastra pastinya hanya akan bergelut dengan puisi-puisi dan rangkaiannya. Padahal hal tersebut tidaklah benar, sebab ada banyak sekali jenis teori ilmu sastra yang sangat diwajibkan untuk dikuasai sebagai mahasiswa sastra. Tidak hanya sekadar tahu tetapi juga harus mampu memaknai setiap teori yang ada, sebab ada beberapa teori yang malah tidak seperti apa yang tersampaikan.

Untuk Anda sebagai calon mahasiswa sastra Indonesia sebaiknya sebelum masuk ke dunia kampus lingkungan sastra maka sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu secara umum ilmu sastra yang nantinya akan Anda pelajari. Berbicara mengenai sastra maka pastinya akan selalu membicarakan mengenai teori sastra yang tidak akan terpisahkan, karya sastra sebagai tongkat utama dan teori sastra menjadi bagian terpenting dalam ilmu sastra.

Bukan hanya sastra Indonesia saja yang menggunakan teori-teori ini tetapi juga sastra inggris dan sastra bahasa lainnya juga menggunakan xdasar teori yang sama. Sehingga untuk membuat Anda terlihat lebih keren sebagai seorang mahasiswa baru jurusan sastra maka sebaiknya Anda harus memiliki ilmu dasar dari sastra itu sendiri.

ilmu sastra adalah
ilmu sastra adalah

Teori Ilmu Sastra

Sastra sendiri merupakan sebuah hasil tiruan atau gambaran dari sebuah kenyataan yang harus meneladani bentuk dari alam semesta sekaligus juga model kenyataan dari sebuah kehidupan manusia. Sastra tidak hanya sebatas pada sebuah tulisan di lembaran-lembaran kertas saja, namun juga memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia dari dulu hingga sekarang ini.

Sehingga dalam menuliskannya harus memperhatikan teori ilmu sastra yang sangat begitu beragam. Bahkan sebuah karya yang memperhatikan ilmu pendasarnya mampu menyampaikan sebuah aspirasi kepada orang lain termasuk kepada pemerintah tanpa perlu takut karena larangan kritik yang diterapkan oleh pemerintah.

Untuk itu bila Anda memang serius untuk menggeluti dunia sastra tanpa harus sekolah terlebih dahulu atau sebagai bahan persiapan untuk masuk ke dunia sastra maka Anda sebaiknya menyimak artikel ini hingga selesai sebab akan dijelaskan jenis dari teori sastra itu sendiri.

Jenis Teori Ilmu Sastra

Terdapat sangat begitu banyak jenis dari teori Ilmu sastra yang wajib untuk dikuasai ketika Anda menjadi mahasiswa sastra atau bergelut dalam dunia sastra ini. Oleh karenanya Anda bisa menyimak informasi berikut ini untuk mengetahui beragam jenis ilmu sastra.

Teori Psikoanalisis

Teori ini merupakan sebuah teori yang menganggap bahwa karya sastra selalu membahas mengenai peristiwa kehidupan manusia, seorang manusia memiliki sebuah perilaku yang sangat begitu beragam yang dipengaruhi oleh kondisi psikologis seseorang yang dipengaruhi oleh kehidupannya. Secara langsung sebuah karya sastra merupakan sebuah produk jiwa serta pemikiran dari seorang pengarang yang berada dalam kondisi sadar atau setengah sadar.

Salah satu teori psikologis yang paling mendasar adalah Id, ego, dan superego, yang mana seseorang akan menemukan sebuah ide yang menghasilkan sebuah ego dan mengimplementasikannya dalam superego. Selain itu pada teori sastra psikoanalisis juga akan ditegaskan untuk mengetahu 5 kebutuhan dasar dari manusia.

Jenis Teori Ilmu Sastra
Jenis Teori Ilmu Sastra

Teori Struktural

Jenis teori ilmu sastra yang selanjutnya adalah teori structural yang mana teori ini tidak menjadikan karya sastra sebagai sebuah objek kajian melain sistem sastra itu sendiri. Contoh kecil ilmu teori structural adalah hubungan berbagai unsur dalam teks sastra sehingga setiap unsur tersebut saling berkaitan satu dengan yang lainnya secara keseluruhan.

Teori Feminisme

Salah satu jenis teori sastra yang paling sering menjadi perdebatan adalah teori feminism, yang mana pada teori ini membahas mengenai realitas sosial yang terjadi seperti sosial patriarki yang sering terjadi sehingga munculnya perlawanan perempuan yang ingin menyetarakan diri seorang perempuan dengan seorang laki-laki.

Lewat kajian ini maka akan tampak lebih jelas perihak penindasan yang sering dialami oleh perempuan, perlawanan, dan juga bentuk tindakan apa yang dilakukan oleh seorang perempuan dalam melawan semua penindasan yang diamalinya. Untuk teori ilmu sastra feminism ini sendiri sangatlah begitu beragam mulai dari sosial, liberal, radikal, marxisme, esksitensial, postmodern, dan masih ada cabang feminism lainnya.

Teori Kolonialisme

Sastra tidak hanya berbicara mengenai masa sekarang dan masa yang akan datang tetapi juga berbicara mengenai apa yang telah terjadi sebelumnya, yakni akan membahas mengenai masa-masa lampau. Teori ini dikenal dengan post kolonialisme, yang mana bangsa Indonesia adalah bangsa bekas jajahan sehingga teori ini harus diketahui dengan sebaik mungkin.

Bagaimana kondisi rakyat Indonesia sebelum atau sesudah mengalami penjajahan yang pastinya hal ini akan mempengaruhi kondisi dari karya sastra itu sendiri, sebab pemikiran, penampilan, dan juga jiwa masyarakat post kolonialisme akan terbentuk akan sejarah yang cukup kelam itu.

Demikianlah informasi mengenai jenis-jenis teori ilmu sastra yang sangat penting untuk diketahui oleh Anda yang hendak terjun kedunia sastra.

Tanpa pengetahuan, tindakan tidak berguna dan pengetahuan tanpa tindakan adalah sia-sia.

Anda mungkin juga suka