Jenis-Jenis Karya Sastra Yang Harus Diketahui

Jenis-Jenis Karya Sastra Yang Harus Diketahui

Pusatpelajar.com – Untuk orang awam yang hanya tahu baca tulis pastinya sangat asing dengan yang namanya karya sastra, tapi ada juga yang sering membacanya tapi tidak tahu bahwa yang dibacanya merupakan sebuah sastra. Namun untuk para pegiat literasi dan yang berkecimpung dalam ilmu sastra pastinya sudah tidak asing lagi dengan karya-karyanya.

Sebab tidak hanya ada satu jenis karya saja yang dapat digolongkan ke dalam mahakarya sasta tetapi ada banyak sekali jenis karya yang tergolong ke dalam sastra. Walaupun mungkin tidak banyak diantara Anda yang sudah mengetahuinya, namun jangan khawatir sebab di dalam artikel ini akan dijelaskan apa saja jenis-jenis dari karya tergolong sastra yang biasa Anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga : Macam-Macam Teori Ilmu Sastra Yang Anak Sastra Harus Tahu

Sastra karya itu sendiri merupakan hasil ciptaan seseorang yang mencerminkan lingkungan dan aalam sekitar yang melibatkan ide, perasaan, seni dan berbagai gambaran kehidupan yang biasa terjadi di dunia ini. Gambaran ini merupa tulisan dengan beragam jenis yang dapat Anda nikmati dalam sebuah bacaan atau ekspresi diri dalam sebuah pertunjukan.

jenis karya sastra lama
jenis karya sastra lama

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai karya sastra itu sendiri maka Anda bisa menyimak informasi berikut mengenai jenis-jenis dari karya itu sendiri.

Jenis-Jenis Karya Sastra

Beragam jenis dari sebuah karya tergolong sastra memang bisa dijumpai dengan mudah baik itu dalam bentuk tulisan ataupun visualnya;

Puisi

Mungkin Anda tidak asing lagi dengan karya yang satu ini, sebuah karya dengan tulisan yang lebih pendek namun sangat ditentukan oleh rima, irama, larik, bait, dan juga makna yang terkandung di dalam rangkaian kata tersebut. Dalam sebuah puisi juga biasanya menggunakan bahasa yang mengandung banyak sekali majas dalam setiap katanya.

Di dalam sebuah puisi ada beberapa unsur yang sebaiknya dipenuhi sehingga tercipta sebagai hakikat puisi yakni; tema, nada puisi, perasaan penyair, dan juga amanat dari puisi itu sendiri.

Prosa

Untuk yang si kutu buku pastinya tidak lagi menjadi hal yang baru akan yang namanya prosa, prosa merupakan salah satu bentuk karya sasta yang memiliki bentuk perparagraf dengan jumlah kata yang jauh lebih panjang dibandingkan puisi, memiliki tokoh dan alur cerita yang jauh lebih kompleks.

Untuk jenis prosa sendiri Anda bisa menemui beberapa bentuk karya yang berbeda-beda tergantung dari panjang pendeknya cerita yang disampaikan, seperti cerpen, novel, biografi, dan juga bentuk karya teenlite yang sangat menyenangkan untuk dibaca apalagi dengan gendre tulisan yang memang Anda senangi.

jenis karya sastra indonesia
jenis karya sastra indonesia

Drama

Jenis karya selanjutnya yang harus Anda ketahui bahwa tergolong ke dalam sastra adalah drama, sebuah naskahyang di dalamnya terdapat tokoh-tokoh yang memerankan seorang tokoh ang saling bercakap satu sama lain untuk mengeluarkan amanat dan pesan serta cerita yang disampaikan.

Dalam sebuah karya sastra drama biasanya dipertunjukkan di panggung-panggung lengkap dengan property dan juga penonton.

Film

Sekarang ini film sudah termasuk ke dalam karya sastra meskipun masih banyak sastrawan yang menganggap bahwa film bukanlah karya tetapi hanya naskah yang menjadi bagian sastranya. Tetapi sebagian juga menganggap film adalah sebuah mahakarya sastra sebab memenuhi sebuah kriteria karya yang layak untuk disaksikan dan dipertimbangkan keberadaannya, apalagi banyak karya novel yang diekranisasi menjadi sebuah film super keren.
Demikianlah informasi mengenai jenis karya sastra yang penting untuk diketahui agar Anda bisa untuk membedakannya.

Tanpa pengetahuan, tindakan tidak berguna dan pengetahuan tanpa tindakan adalah sia-sia.

Anda mungkin juga suka