Arti Lambang Pramuka yang Wajib Diketahui

Arti Lambang Pramuka yang Wajib Diketahui

Arti Lambang Pramuka terkadang banyak tidak diketahui oleh anak-anak zaman sekarang. Mereka kurang memahami beberapa hal unsur yang ada di dalam Pramuka tersebut. Tentunya sebagai seorang anak Pramuka hal ini wajib untuk diketahui.

Adanya makna beberapa lambang yang ada di Pramuka jelas memberikan makna tersendiri bagi para anggotanya. Baik dalam lingkungan sosial hingga ke beberapa jenis lainnya. Maka dari itu, Anda harus bisa mengerti filosofi tersebut.

Baca Juga : Lambang Pramuka Indonesia Adalah

Memang, pada dasarnya para anggota terkadang akan mendapatkan buku panduan khusus bagi seorang Pramuka. Ada beberapa hal juga yang wajib untuk dimengerti oleh mereka. Supaya nantinya bisa menciptakan jiwa yang lebih sosial dan tangguh.

Makna dalam Lambang Pramuka

Untuk Anda yang ingin memahami beberapa lambang Pramuka maka bisa memperhatikan hal berikut ini. Ada banyak makna yang bisa dimengerti oleh anak Pramuka. Terlebih lagi bagi para pembina hal ini adalah suatu informasi yang wajib untuk dimengerti.

Logo Buah Kelapa yang Tumbuh

Ada makna filosofi tersendiri mengenai logo buah kelapa yang tumbuh untuk para anggota Pramuka. Khususnya bangsa yaitu sebagai anggota harus memiliki kepanduan yang sangat penting. Terlebih lagi dalam bersosialisasi di lingkungan sekitar.

arti lambang pramuka jawa timur
arti lambang pramuka jawa timur

Jadi, adanya makna yang terkandung ini jelas akan sangat penting bagi Anda. Terlebih lagi ikon buah kelapa yang sangat kental terdapat di Indonesia. Jadi, lambang seperti ini tidak seluruh dunia memilikinya tergantung dari mana negara mereka berasal.

Pohon Kelapa yang Serbaguna

Lambang Pramuka yang berikutnya yaitu pohon kelapa serbaguna. Artinya Anda harus memiliki fisik yang bisa bermanfaat untuk negara, Nusa dan juga agama. Hal ini sangat penting dan menjadi landasan dasar bagi para anggota Pramuka.

Adanya pohon kelapa juga memberikan petunjuk kepada para anggota agar bisa memiliki manfaat di mana saja. Sama seperti pohon kelapa yang memiliki manfaat dari bawah hingga atas. Maka dari itu, hal ini penting tercipta dalam diri anak Pramuka.

Kelapa yang Berkembang di Seluruh Tanah

Kemudian hal yang berikutnya yaitu kelapa bisa tumbuh berkembang di seluruh tanah. Hal tersebut melambangkan bahwa seorang Pramuka harus tetap bangkit dalam keadaan apa pun. Filosofi ini juga menunjukkan bahwa anak Pramuka tidak boleh lemah.

Jadi, lambang Pramuka tersebut sangat memiliki fungsi terbaik bagi para anggotanya. Bahkan bukan hanya itu saja hal ini juga bisa dijadikan sebagai makna yang cukup baik bagi anggota Pramuka dalam bersosialisasi.

Buah Kelapa Tahan Lama

Kemudian hal yang juga tidak kalah penting yaitu buah kelapa tahan lama. Hal ini memiliki artian bahwa Anda sebagai anggota Pramuka harus memiliki jiwa spiritual yang kuat dan tangguh. Hal tersebut karena setiap anggota tidak mempunyai jiwa yang lemah.

Maka dari itu, adanya Pramuka juga memberikan suatu pengalaman bagi anggotanya untuk harus memiliki jiwa yang tenang dan kuat. Agar nantinya tidak mudah menyerah saat menerima masalah dalam hidup.

Akar Pohon Kelapa yang Kuat

Selanjutnya lambang Pramuka yang harus dimengerti yaitu perihal akar pohon kelapa yang kuat. Adanya hal tersebut jelas bisa membuat para anggota harus memiliki dasar-dasar yang pedoman yang cukup kuat.

Jadi, Anda sebagai anggota Pramuka tidak akan mudah lemah dalam mendasari dasar negara. Untuk itu, penting bagi anggota dalam memahami hal tersebut dari akar kelapa tersebut. Supaya nantinya Anda tidak mudah lemah di dasar-dasar negara.

Pohon Kelapa yang Menjulang Tinggi

Hal yang berikutnya yaitu mengenai pohon kelapa yang menjulang cukup tinggi. Jadi, Anda sebagai seorang anggota Pramuka bisa memiliki cita-cita yang tinggi sama seperti lambang dari pohon kelapa tersebut.

gambar dan arti lambang pramuka
gambar dan arti lambang pramuka

Bagi sebagian anggota lambang Pramuka ini juga merupakan salah satu motivasi. Bahwa tidak ada hal yang sulit untuk didapatkan. Asalkan kita bersungguh-sungguh dalam menjalankan aktivitas untuk mencapai cita-cita yang diinginkan.

Filosofi dari Gerakan Pramuka

Tidak hanya ada pada lambang saja tetapi Anda juga harus memahami tentang filosofi dari gerakan Pramuka itu sendiri. Adanya gerakan Pramuka bagi para siswa jelas akan memiliki makna tersendiri untuk anggota Pramuka.

Lambang Batok

Adanya lambang dari batok kelapa bagi anak Pramuka bisa membantu dalam menanamkan dasar-dasar sosial. Sehingga dari kecil para anggota pun sudah dididik untuk bisa mendasari makna tersebut agar lebih mencintai negerinya.

Maka dari itu lambang ini cukup penting untuk diketahui para anggota. Agar nantinya dasar-dasar negara seperti misalnya Pancasila dan undang-undang dasar selalu melekat di dalam tubuh anggota dalam bersosialisasi.

Menciptakan Kelompok Elite yang Antusias

Terakhir yaitu sebagai anggota Pramuka Anda diberikan motivasi untuk bisa menjadi kelompok elite masyarakat muda yang antusias. Memang hal ini tentunya didukung dari lambang gerakan Pramuka di dalam pendidikan dasar sekolah.

Jadi, lambang Pramuka ini sangat penting bagi para anggota Pramuka. Agar nantinya hal tersebut bisa tercipta di dalam kehidupan sehari-hari.

Tanpa pengetahuan, tindakan tidak berguna dan pengetahuan tanpa tindakan adalah sia-sia.

Anda mungkin juga suka