Apakah Pengertian Poster serta Ciri-ciri, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya

Apakah Pengertian Poster serta Ciri-ciri, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya
Apakah Pengertian Poster

Pusatpelajar.com – Pernahkah Anda bertanya-tanya, apa sebenarnya pengertian di balik sebuah poster?, Bukan hanya sekadar kertas berisi gambar dan tulisan, poster juga memiliki esensi yang lebih dalam dan mampu menyampaikan pesan dengan daya tarik visual yang luar biasa. Mari kita menjelajahi dunia unik poster dan menggali lebih dalam tentang pengertiannya.

Pengertian Poster

Poster adalah sebuah medium publikasi yang menggabungkan elemen-elemen visual, seperti gambar, dan teks, atau kombinasi keduanya, dengan tujuan menyampaikan ide, informasi, atau pesan kepada khalayak. Lebih dari sekadar cetakan dua dimensi, poster memiliki fungsi sebagai penyampai informasi, promosi, atau ajakan untuk melakukan suatu tindakan tertentu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), poster juga dapat diartikan sebagai plakat yang dipasang di tempat umum, berupa pengumuman atau iklan.

Fungsi poster tidak hanya terbatas pada penyampaian informasi, tetapi juga mencakup kemampuan untuk menginspirasi, memotivasi, atau memengaruhi perubahan sikap dan perilaku. Poster umumnya dipasang di dinding atau lokasi strategis yang sering dilalui oleh banyak orang agar pesannya lebih mudah terbaca dan diterima oleh target audiensnya.

Dengan perkembangan teknologi, poster tidak hanya terbatas pada format cetak, melainkan juga hadir dalam bentuk digital, memanfaatkan internet sebagai media penyebarannya. Dalam dunia desain grafis, poster sering menjadi wadah bagi kreativitas, menggabungkan elemen-elemen visual dan tipografi untuk menciptakan sebuah karya seni yang menarik dan efektif dalam menyampaikan pesan.

Pengertian Poster Menurut Para Ahli

Pengertian poster dapat dilihat dari perspektif beberapa ahli yang telah memberikan definisi berdasarkan pengalamannya di bidang desain, seni, dan komunikasi visual. Berikut adalah pengertian poster menurut beberapa ahli:

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai

Poster adalah gabungan visual desain yang kuat, diperkuat dengan penggunaan warna-warna menarik, dan pesan yang dirancang untuk menarik perhatian masyarakat serta menanamkan ide yang berkesan dalam ingatan mereka.

Azhar Arsyad

Sebagai media visual dua dimensi, poster mengandung gambar dan pesan singkat yang ditujukan untuk menyampaikan informasi khusus serta memengaruhi orang yang melihatnya.

Sri Anitah

Poster adalah gambar yang mengintegrasikan unsur-unsur visual seperti garis, kata-kata, dan gambar, dengan tujuan untuk menarik perhatian dan menyampaikan pesan secara singkat.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Menurut Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, poster dapat didefinisikan sebagai media yang terdiri dari simbol atau lambang kata berisi anjuran atau larangan yang sangat sederhana dan mudah dipahami.

Pengertian dari para ahli tersebut mencerminkan konsep poster sebagai medium visual yang mencakup elemen-elemen desain, warna, dan pesan singkat dengan tujuan tertentu, seperti menyampaikan informasi, memotivasi, atau memengaruhi audiensnya. Poster juga dianggap sebagai bentuk seni yang memadukan estetika dan fungsi komunikatif.

contoh poster klinik gigi
contoh poster klinik gigi

Ciri-ciri Poster

Poster memiliki beberapa ciri khas yang membuatnya dapat dikenali dengan mudah. Ciri-ciri tersebut mencakup berbagai elemen desain dan strategi komunikasi yang digunakan untuk mencapai efek visual yang maksimal dan menyampaikan pesan dengan efektif. Berikut adalah beberapa ciri-ciri poster:

Mengandung Kalimat Persuasif atau Ajakan

Poster seringkali mengandung kalimat persuasif atau ajakan yang bertujuan untuk memotivasi tindakan atau respons tertentu dari penontonnya. Ini bisa berupa slogan atau pernyataan singkat yang mendorong perubahan sikap atau perilaku.

Bahasa yang Padat, Singkat, Jelas, dan Mudah Dipahami

Bahasa yang digunakan dalam poster harus padat, singkat, jelas, dan mudah dipahami. Pesan yang disampaikan perlu langsung to the point agar dapat tersampaikan dengan efektif, mengingat pembaca poster cenderung melihatnya dengan cepat.

Menggunakan Kombinasi Elemen-elemen

Poster menggunakan kombinasi elemen-elemen seperti huruf, angka, simbol, dan gambar untuk menyampaikan pesan. Pengaturan elemen ini harus dilakukan secara harmonis untuk menciptakan tata letak yang menarik dan mudah dicerna.

Penggunaan Tulisan yang Jelas dan Variasi Gaya Tulisan

Penggunaan tulisan yang jelas dengan variasi gaya tulisan dapat meningkatkan daya tarik visual poster. Desainer seringkali memilih jenis huruf yang sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan dan menciptakan variasi untuk menambah elemen artistik.

Desain pada Media Kertas atau Kain dengan Motif Menarik

Poster umumnya didesain pada media kertas atau kain dengan motif yang menarik. Pilihan media ini dapat memberikan keberagaman dalam tekstur dan memberikan dampak visual yang lebih kuat.

Mengandung Elemen Visual Seperti Sketsa, Lukisan, dan Perpaduan Warna

Penggunaan elemen visual seperti sketsa, lukisan, dan perpaduan warna bertujuan untuk menambah daya tarik dan memperkuat komunikasi visual poster. Desain visual yang menarik dapat menarik perhatian lebih banyak orang.

Isi Konten yang Disajikan Tidak Bertele-tele

Poster cenderung menyajikan isi kontennya secara singkat dan langsung tanpa bertele-tele. Pesan yang diungkapkan harus langsung menuju inti agar mudah dipahami oleh penonton dalam waktu singkat.

Mampu Menarik Perhatian dan Meninggalkan Kesimpulan yang Kuat

Poster harus mampu menarik perhatian orang dan meninggalkan kesan yang kuat meskipun dilihat sebentar saja. Efek visual yang kuat dan pesan yang meyakinkan dapat membuat poster menjadi efektif dalam mencapai tujuannya.

Bertujuan Menyampaikan Ide Tertentu dan Mencapai Tujuan Pokok

Setiap poster memiliki tujuan khusus, entah itu menyampaikan informasi, memotivasi, atau mempromosikan suatu produk. Ciri-ciri poster harus sesuai dengan tujuan utamanya agar efektif dalam mencapai hasil yang diinginkan.

Dipasang pada Permukaan yang Rata, di Lokasi Strategis, atau Tempat Umum

Poster umumnya dipasang pada permukaan yang rata, di lokasi yang strategis, atau tempat umum agar dapat dilihat oleh banyak orang. Tempat penempelan yang strategis adalah kunci keberhasilan poster dalam mencapai audiens targetnya.

Melalui kombinasi ciri-ciri ini, seorang desainer poster dapat menciptakan karya yang tidak hanya menarik secara visual tetapi juga efektif dalam menyampaikan pesan yang diinginkan kepada penontonnya.

Fungsi Poster

Poster tidak hanya sekadar karya seni visual yang indah, tetapi juga memiliki berbagai fungsi yang mencakup:

Sarana Kreativitas Desainer

Poster memberikan peluang bagi para desainer untuk menuangkan kreativitas mereka. Proses perancangan poster melibatkan penggunaan elemen-elemen desain seperti warna, komposisi, dan tipografi, sehingga desainer dapat mengekspresikan ide-ide kreatif mereka.

Media Penyampaian Informasi

Poster berfungsi sebagai media untuk menyampaikan informasi secara efektif. Dengan penggunaan warna, gambar, dan kata yang menarik, poster dapat membuat pembaca tertarik untuk memahami isi informasi yang disampaikan.

Dapat Menjangkau Target

Poster memungkinkan promosi yang lebih tertarget karena dapat ditempatkan di lokasi-lokasi strategis sesuai dengan target market. Hal ini membuat informasi yang disampaikan lebih relevan dan dapat menjangkau audiens yang lebih spesifik.

Media Promosi Barang atau Jasa yang Cenderung Ekonomis

Poster digunakan sebagai sarana promosi untuk memasarkan barang atau jasa. Dengan desain yang menarik, poster dapat memikat perhatian target market dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian atau mengambil tindakan tertentu. Pembuatan poster cenderung lebih ekonomis dibandingkan dengan menggunakan media promosi lainnya, seperti televisi atau radio.

Melalui ciri-ciri yang khas dan fungsi yang beragam, poster menjadi lebih dari sekadar gambar dan tulisan. Ia menjadi alat yang efektif untuk menyampaikan pesan, memotivasi tindakan, dan merayakan kreativitas desain dalam dunia komunikasi visual.

Jenis-jenis Poster

Poster memiliki variasi jenis yang berbeda tergantung pada isi serta tujuan pembuatannya. Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa jenis poster:

Poster Layanan Masyarakat

Berisi informasi mengenai layanan-layanan yang ditawarkan kepada masyarakat, seperti layanan kesehatan atau kesejahteraan masyarakat.

Poster Kegiatan

Berisi informasi tentang suatu kegiatan yang akan diadakan, dengan tujuan agar banyak orang mengetahui dan ikut serta dalam acara tersebut.

Poster Karya Seni

Lebih bersifat ekspresif dan digunakan untuk tujuan artistik atau pameran seni.

Poster Niaga

Berisi penawaran atau promosi produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Poster Pendidikan

Berisi informasi yang memberikan arahan atau pendidikan kepada masyarakat.

Poster tidak hanya sebagai medium informasi visual, tetapi juga sebagai wadah ekspresi kreativitas dan seni. Dengan ciri-ciri yang unik, fungsi yang beragam, dan jenis-jenis yang mencerminkan tujuan tertentu, poster menjadi bagian tak terpisahkan dalam komunikasi visual dan pemasaran. Desain yang menarik dan pesan yang efektif membuat poster menjadi alat yang kuat dalam menyampaikan ide dan memengaruhi audiensnya.

Tanpa pengetahuan, tindakan tidak berguna dan pengetahuan tanpa tindakan adalah sia-sia.

Anda mungkin juga suka