6 Alasan Masuk SMK serta Perbedaan SMK dan SMA

6 Alasan Masuk SMK serta Perbedaan SMK dan SMA

Alasan Masuk SMK – Di saat tahun pembelajaran sudah mau berakhir pasti banyak pelajar yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi termasuk buat kamu yang baru lulus SMP untuk melanjutkan ke SMA/SMK. Perbedaan SMA dan SMK, Pilihan inilah yang biasanya banyak digalaukan oleh para pelajar kelas 9. Menentukan dan memilih secara matang untuk masuk ke SMK atau SMA sangat penting karena sangat berpengaruh untuk kamu kedepannya. sebagai pencerahan buat kamu yang sedang galau memilih atau sudah ada fikiran untuk masuk ke SMK, berikut 6 alasan kenapa kamu harus memilih SMK.

perbedaan sma dan smk
perbedaan sma dan smk

1. Prospek Kerja Yang Bagus

Salah satu alasan kenapa kamu bisa memilih SMK ketimbang SMA yaitu prospek untuk bekerja setelah lulus yang lebih bagus dari SMA. Mungkin dari kalian juga sudah banyak yang mengetahui hal tersebut bahkan sering mendengar saran kalau nantinya mau kerja mending masuk SMK aja. Saran tersebut memang benar. SMK mendidik dan mencetak siswa/siswi nya agar siap untuk terjun ke dunia Industri saat sudah lulus. Karena biasanya sistem belajar yang di terapkan di SMK lebih banyak praktek secara langsung ketimbang belajar teori.

2. Fokus Satu Keahlian

Di SMK ada banyak sekali jurusan yang bisa kamu pilih sesuai minat dan bakat. Dengan masuk ke salah satu jurusan tersebut tentu kamu akan mempelajari hal – hal yang hanya bersangkutan dengan jurusan yang kamu pilih. Bukannya SMA juga sama ya masuk ke salah satu jurusan dan hanya belajar tentang jurusan tersebut? Ya, tapi biasanya jurusan di sma itu hanya terdapat IPA atau IPS dan di dalam masing – masing jurusan tersebut cakupan yang dipelajari sangat luas dan umum.
Contohnya di dalam jurusan IPS kamu akan mempelajari banyak hal yang mecakup dalam IPS seperti sejarah, sosiologi, ekonomi, dan masih banyak lagi. Sedangkan kalau di SMK contohnya jurusan TKJ kamu akan mempelajari dan menguasai teknik seputar komputer saja seperti cara merakit komputer, cara instalasi software, membangun jaringan, dsb.

3. Mengasah Minat dan Bakat

Seperti yang sudah di sebutkan sebelumnya kalau di SMK ada banyak sekali pilihan jurusan yang lebih spesifik. Dengan banyaknya pilihan jurusan tersebut kamu bisa memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat. Otomatis ketika kamu masuk ke salah satu jurusan yang diminati dan menjadi bakat kamu maka skill dalam bidang tersebut akan semakin terasah. Hal tersebut pastinya sangat bagus untuk kedepannya dan kemungkinan besar kamu tidak akan mudah bosan saat belajar.

Alasan Masuk SMK
Alasan Masuk SMK

4. Lebih Banyak Praktik Ketimbang Teori

Sistem pembelajaran di sekolah SMK sangat berbeda dengan di SMA. Di SMK kamu akan lebih banyak praktik secara langsung ketimbang belajar secara teori di dalam kelas. Karna di SMK selain ruangan kelas biasanya terdapat lab untuk praktik sesuai jurusannya masing – masing. Misalnya lab komputer untuk jurusan TKJ atau RPL dan workshop untuk jurusan TKR. Pada umumnya setiap jurusan pasti mempunyai lab praktik masing – masing. Dengan metode belajar praktik seperti ini akan lebih cepat mengasah skill pelajar dalam bidang yang ia pilih.

5. Terjun Langsung Ke Dunia Industri

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, SMK menggunakan metode belajar secara praktik. Tak hanya sampai disana bahkan jika kamu masuk ke SMK kamu akan merasakan secara langsung bagaimana bekerja di dunia Industri. Karena di SMK terdapat program pembelajaran yang rutin dilaksanakan yaitu Praktik Kerja Lapangan atau yang biasa disingkat dengan PKL. Selama PKL kamu akan bekerja layaknya karyawan biasa yang sedang magang.
Biasanya lama dari PKL ini ditentukan oleh sekolah masing – masing. Ada yang 3 bulan, 6 bulan, bahkan 1 tahun. Apakah PKL mendapatkan gaji? Untuk masalah gaji biasanya tergantung pada Industri yang di pilih. Ada yang membayar, ada yang gratis, bahkan ada yang malah meminta biaya untuk melakukan PKL di tempat Industrinya.

6. Alternatif Buat Yang Masih Bingung Kedepannya

Sebenarnya saat hendak memasuki jenjang pendidikan menengah atas, kamu harus sudah bisa menentukan nantinya mau bekerja atau kuliah agar bisa menentukan mau masuk ke SMA atau SMK seperti yang sudah di sebutkan di atas. Namun tak sedikit para pelajar yang baru lulus SMP ini masih bingung dan tidak tahu nantinya mau bekerja atau kuliah. Nah jika kamu termasuk salah satu orang tersebut SMK bisa menjadi salah satu pilihan yang paling aman.

Kenapa aman? Karena nantinya kamu akan lebih siap kerja dan bisa juga kuliah jika mau melanjutkan pendidikan. Berbeda dengan SMA yang kurang siap jika dihadapkan dalam dunia kerja dan cenderung harus melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Bahkan di SMK juga terdapat BK sebagai tempat untuk konsultasi jika nantinya kamu mau melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. dan untuk SMK yang ada di Pontianak anda bisa masuk ke SMK Negeri 1 Pontianak

Tanpa pengetahuan, tindakan tidak berguna dan pengetahuan tanpa tindakan adalah sia-sia.

Anda mungkin juga suka