Apa itu Fotosintesis?, berikut penjelasan lengkapnya

Apa yang dimaksud dengan Fotosintesis

Fotosintesis adalah proses menggunakan energi cahaya untuk memanfaatkan kekuatan kimia dan mengubahnya menjadi makanan. Selama fotosintesis, sinar matahari memecah makanan untuk menciptakan glukosa dan energi, dua blok bangunan kehidupan. Fotosintesis adalah bagian penting dari semua bentuk kehidupan di Bumi, termasuk tumbuhan dan hewan. Fotosintesis juga digunakan di ruang angkasa, karena fotosintesis adalah sarana kehidupan di orbit.

Proses Fotosintesis

Selama fotosintesis, energi cahaya diserap dan diubah menjadi glukosa dan bahan kimia kaya energi lainnya yang digunakan untuk membakar makanan untuk energi. Hampir tidak mungkin untuk melebih-lebihkan nilai fotosintesis dengan kehidupan tanaman dan hewan. Namun, proses fotosintesis adalah tarian halus antara tanaman fotosintesis dan bakteri yang harus terus berlanjut untuk mempertahankan produktivitas yang telah membuat fotosintesis sangat penting bagi keberadaan kehidupan. Sementara fotosintesis terjadi di luar tanaman dan melalui fotosintesis, sumber karbon dioksida dan gas rumah kaca lainnya, fotosintesis terjadi di dalam sel hidup tanaman.

Reaksi Fotosintesis

Fotosintesis ialah bagaimana suatu organisme menggabungkan molekul makanan dengan karbon dioksida untuk menciptakan energi atau glukosa. Fotosintesis menggunakan energi yang diserap oleh jaringan fotosintesis untuk mendorong siklus reaksi kimia yang berkelanjutan. Fotosintesis terjadi pada bahan hidup seperti daun, akar, batang, kulit kayu, dan sebagainya. Fotosintesis adalah satu-satunya cara materi hidup dapat memperoleh makanan yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang.

Hasil Fotosintesis

apa yang dihasilkan dari proses fotosintesis

Fotosintesis terjadi dalam materi hidup karena enzim fotosintesis, yang disebut fotosistem, menggunakan proses alami fotosintesis untuk mengubah sinar matahari menjadi glukosa dan senyawa penghasil energi lainnya yang disebut senyawa ergogenic. Gula yang diubah menjadi glukosa adalah sumber energi yang mendorong proses aerobik (membutuhkan oksigen) dalam fotosintesis. Dalam fotosintesis, salah satu jenis enzim yang disebut Fotosistem saya mengubah energi cahaya menjadi adenosin trifosfat (ATP). Sebaliknya, Fotosistem II dan III mengubah glukosa menjadi klorofil, sumber makanan utama untuk tanaman hijau. Proses fotosintesis sangat teratur, dan pada kenyataannya, itu dianggap sebagai sistem alam yang paling efisien untuk mendapatkan makanan.

Agar fotosintesis terjadi, tiga bagian penting harus berfungsi dalam proses yang kompleks: fotosistem fotosintesis, tanaman inang fotosintesis, dan reservoir karbon dioksida primer bersih. Fotosistem I, yang bertanggung jawab untuk menciptakan input awal karbon dioksida, sering disebut sebagai Kompleks Respons Fotosintesis. Fotosistem II bertanggung jawab untuk menghasilkan makanan untuk tanaman fotosintesis. Fotosistem III, yang tidak fotosintesis, bertanggung jawab untuk menyimpan dan menggunakan karbon dioksida yang dihasilkan selama fotosintesis.

Tempat terjadinya Fotosintesis

Proses fotosintesis memainkan peran integral dalam kehidupan semua tanaman. Ini adalah sumber makanan dan nutrisi penting lainnya bagi banyak organisme, termasuk kita. Tanpa fotosintesis, keberadaan kita tidak akan mungkin. Fotosintesis juga menghilangkan bahan kimia berbahaya dari lingkungan, mengurangi polutan udara berbahaya, dan menjaga atmosfer bumi diperkaya oksigen. Semua faktor ini membuat fotosintesis menjadi bagian penting dari kehidupan.

Fotosintesis tidak dapat dicegah atau dikendalikan. Bahkan sedikit perubahan cuaca dapat menghentikan fotosintesis. Namun, para peneliti telah mengembangkan beberapa cara berbeda untuk mempercepat fotosintesis. Beberapa di antaranya termasuk memberi makan nutrisi tanaman seperti nitrogen, fosfor, kalium, dan cahaya. Beberapa metode ini juga melibatkan penyediaan cahaya buatan pada konsentrasi yang cukup tinggi untuk merangsang fotosintesis.

Proses Fotosintesis adalah

proses yang berkelanjutan dan merupakan proses sederhana untuk dipahami. Fotosintesis terjadi ketika sinar matahari diubah menjadi makanan untuk bakteri fotosintesis. Ketika proses ini terjadi, gula akan diubah menjadi pati, dan ini akan diangkut ke inti bakteri, di mana pati dapat diubah menjadi glukosa. Proses ini akan berlanjut sampai tidak ada lagi sinar matahari yang tersedia, dan bakteri akan menggunakan semua makanan yang tersedia. Gula akan disimpan dalam inti bakteri dan akan digunakan untuk produksi energi.