Mengenal Arti dari Lambang Pramuka

Pramuka adalah Praja Muda Karana, yang merupakan singkatan dari gerakan kepanduan atau organisasi Pramuka. Kepaduan dikenal di seluruh dunia sebagai istilah lain dari Pramuka. Menurut Anggaran Dasar Pramuka, Gerakan Pramuka memiliki kode Kode Kehormatan Pramuka. Kode Etik Kehormatan Gerakan Pramuka terdiri dari Satya (janji) dan Darma (ketentuan moral). 

lambang pramuka

Hal ini disesuaikan untuk setiap kelompok umur agar dapat mempromosikan perkembangan spiritual dan fisik ke kelompok selanjutnya. Kode Kehormatan Pramuka Siaga adalah Dwisatya/Dwidarma sedangkan, kode Kehormatan Pramuka terdiri dari Trisatya Pembina Pramuka, dan Dasadarma dan unutk Kode Kehormatan Pembina Pramuka dan Pandega terdiri dari Trisatya Penegakan Pramuka, Pramuka Pandega, dan Dasadarma.

Lambang Gerakan Pramuka Adalah 

Lambang yang mewakili Gerakan Pramuka. Lambang Gerakan Pramuka adalah identifikasi atau sumbol organisasi yang menjalankan suatu organisasi seperti Pramuka. Lambang ini dikembangkan di tangan Soenardjo Atmodipurwo, yang pada waktu itu ia adalah seorang pegawai tinggi Kementerian Pertanian yang juga seorang pramuka.

Simbol ini digunakan untuk pertama kalinya pada tanggal 14 Agustus 1961 pada saat Presiden Republik Indonesia Ir. Soekarno memberikan Spanduk Gerakan Pendidikan Pramuka Nasional Indonesia kepada organisasi Gerakan Pramuka melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 Tahun 1961.

Apa Lambang Gerakan Pramuka 

Pada dasarnya Gerakan Pramuka berupa Silluete atau bayangan Tunas Kelapa. Penjabaran lambang tersebut diatur dalam Keputusan Kwarnas Nomor 06/KN/72 tentang Lambang Gerakan Pramuka.

Lambang Gerakan Pramuka Diciptakan Oleh

untuk lambing pramuka sendiri pasti masih banyak yang bertanya tentang siapa pencipta lambang gerakan pramuka atau siapa pencetus lambang gerakan pramuka?. Gerakan Kepanduan dalam Kepramukaan Indonesia yang diwakilkan oleh gambar tunas kelapa awalannya diperkembangkan lewat Soenardjo Atmodipurwo di tanggal 14 Agustus 1961 sesudah deklarasi kemerdekaan Indonesia. Penyeleksian tunas kelapa untuk menyimbolkan pergerakan pramuka bukan tanpa argumen. Di periode lalu, lambang tunas kelapa diketemukan pada object Pramuka seperti bendera, lencana dan papan nama.

Lambang Pramuka Dunia

Sebagai organisasi yang dianggap sebagai organisasi sah, Pramuka mempunyai lambang yang berbeda di setiap negara negara yang mempunyai Organisasi Pramuka. Untuk di Indonesia sendiri lambing pramukanya adalah tunas kelapa sedangkan Lambang pramuka dunia ialah fleur de lis, yang berasa dari Bahasa Perancis yang memiliki arti bunga lili dengan 3 segi. Di dalam simbol ini juga mempunyai Kompas, dua bintang serta, tali simpul mati yang membuat kumparan pada bagian bawah bunga.

lambang pramuka dunia

Makna lambang Pramuka Dunia

Simbol pramuka di dunia mempunyai makna khusus. Tiga kelopak bunga bakung yang datang, mereka sebagai wakil 3 kewajiban ke Pandu yakni, kewajiban ke Tuhan dan negara dan manusia. Sementara tali simpul mati sebagai wakil keterikatan dunia yang terus-terusan dan terus akan menenun. Kompas ialah lambang pramuka yang bisa memberinya arah yang betul untuk dituruti sebagai tutorial yang bisa dihandalkan. Dua bintang ialah signifikasi untuk beberapa orang dari Pandu yang usaha untuk cari langkah untuk menolong dalam peningkatan riset ilmiah yang bagus.

Arti Lambang Gerakan Pramuka

Lambang Gerakan Pramuka mencakup makna simbolis berikut:

  1. Buah kelapa dalam keadaan tumbuh disebut sebagai ikal. Ini berarti bahwa kepanduan sangat penting bagi keberadaan seluruh bangsa .
  2. Buah kelapa tahan lama. Ini berarti bahwa Pramuka adalah seseorang yang kuat secara spiritual, fisik dan tangguh.
  3. Kelapa dapat berkembang di berbagai jenis tanah. Ini mengartikan bahwa Seorang Pramuka adalah orang-orang yang dapat menyesuaikan diri dalam keadaan apa pun.
  4. Kelapa adalah tanaman yang dapat menjulang tinggi. Ini berarti bahwa setiap Pramuka bercita-cita untuk standar yang tinggi.
  5. Akar kelapa yang kuat. Itu mengartikan bahwa berarti Pramuka mematuhi dasar-dasar yang kuat.
  6. Kelapa pohon serbaguna. Artinya Kepramukaan bisa bermanfaat bagi bangsa, nusa, bahkan agama.

Gambar Lambang Gerakan Pramuka

Gabar lambang Gerakan Pramuka sendiri yaitu Silued dari Tunas Kalapa yang tentu saja banyak memiliki arti seblum dipilih penentuan gambarnya. Tunas kelapa sendiri yaitu tunas yang berasa dari buah kelapa yang sedang berkembang untuk menjadi pohon kelapa. Adapun gambar dari logo pramuka ini dapat dilihat di bawah ini :

Gambar Lambang Gerakan Pramuka

Makna Lambang Pramuka

Makna pada lambang pramuka dapat dikatagorikan sebagai beriku :

  1. Penggunaan simbol dirancang sebagai alat untuk pendidikan untuk membantu menanamkan makna dan keadaan yang tercermin dalam makna metaforis yang merupakan lambang Batok pada setiap anggota Gerakan Pramuka.
  2. Setiap anggota dalam Gerakan Pramuka diharapkan mampu menerapkan keterampilan dan pengetahuan yang mereka miliki kepada komunitasnya. Karena pemuda yang tergabung dalam Gerakan Pramuka diharapkan mampu menjadi kelompok elit yang muda dan antusias.

Lambang Pramuka Siaga

Pramuka Siaga ialah panggilan untuk anggota Pramuka yang berusia 7 sampai 10 tahun. Disebutkan Pramuka Siaga karena sesuai majas pada periode perjuangan bangsa Indonesia, yakni saat rakyat Indonesia mensiagakan dianya untuk capai kemerdekaan dengan diikuti berdirinya Boedi Oetomo di tahun 1908 sebagai tonggak awalnya perjuangan bangsa Indonesia.

Unit Satuan paling kecil dalam Pramuka Siaga disebutkan Barung dan satuan-satuan dari beberapa barung disebutkan Perindukan. Tiap Barung beranggotakan 5-10 orang Pramuka Siaga dan dipegang dengan seorang Pimpinan Barung yang diputuskan oleh anggota Barung tersebut. Masing-masing Pimpinan Barung ini kelak akan pilih seseorang pada mereka yang hendak jadi Pimpinan Barung Khusus yang disebutkan yang Pertama. Sebuah Perindukan terbagi dalam beberapa Barung yang hendak dipegang oleh yang Pertama.

Warna Lambang Pramuka

Warna simbol pramuka memang memiliki kandungan arti filosofis yang dalam untuk beberapa Pramuka di semua Indonesia. Simbol ini mempunyai nilai dan harapan mulia di ditujukan oleh semua anggota Pramuka Indonesia.

Simbol pramuka terbagi dalam beberapa gabungan warna yakni hijau, merah, kuning keemasan dan coklat. Makna warna simbol Pramuka Indonesia ialah seperti berikut:

  • Warna hijau menyimbolkan kesegaran hidup suatu hal yang tumbuh
  • Warna merah menyimbolkan kesemarakan hidup dari hal yang berkembang
  • Warna kuning keemasan menyimbolkan kecemerlangan hidup ke arah keagungan dan keluruhan budi
  • Warna coklat menyimbolkan kematangan rohani dan jasmani, kedewasaan dan ketegasan.

Gambar Tunas Kelapa Lambang Pramuka

Berikut adalah gambar dari tunas kelapa yang dijadikan lambang dari Organisasi Pramuka yang ada di Indonesia, Tentu saja lambang dari tunas ini memiliki arti, makna serta manfaat yang sudah saja jelaskan di dalam artikel ini.

Gambar Tunas Kelapa Lambang Pramuka

Nama Lambang Pramuka

Nama lambang pramuka adalah tunas kepala. Simbol tunas kelapa adalah simbol Pramuka sebagai faktor utama dalam keberadaan bangsa. Kelapa dipilih karena mereka mampu tumbuh di berbagai jenis tanah. Ini berarti bahwa Pramuka adalah seseorang yang dapat disesuaikan dengan berbagai situasi. Dalam tunas kelapa, ada tunas akar yang kuat yang mendukung pohon kelapa tinggi. Pramuka berpegang teguh pada dasar-dasar.

Kenapa Tunas Kelapa Dijadikan Lambang Pramuka

Mungkin banyak yang bertanya kenapa tunas kelapa dijadikan lambang pramuka, tentu saja jawabannya karena kelapa memiliki seribu manfaat, mulai dari akar kelapa yang dapat mencegah terjadinya abrasi, serta pemecah gelombang pantai dan juga akar kelapa bisa dimanfaatkan untuk kerajinan tangan. Pada batang kelapa dapat dijadikan jembatan maupun dijadikan kayu bakar, dan untuk buah kelapa sendiri tentu saja dari yang kita tau untuk airnya bisa dapat diminum bahkan dijadikan obat tradisional dan untuk daunnya dapat dijadikan sapu lidi, anyaman dan lain-lain.

Cukup sekian artikel tentang Pramuka ini kami buat semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi dalam mengerjakan tugas atau membuat artikel-artikel lainnya tentang Pramuka. Sekian dan Terima Kasih.

Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Lambang_Pramuka