Ukuran kertas F4 di word dalam CM, MM, dan Inci

Ukuran kertas F4 - Di dalam kegiatan sekolah dan perkantoran, kertas sudah menjadi hal yang wajib harus ada dalam kegiatan sehari-hari. Kertas juga memiliki banyak jenis ukuran, Untuk kertas dengan Istrilah F ini juga merupakan hal yang telah dipatenkan dengan Standar ISO.

ukuran kertas f4

Kertas banyaknya permintaan pasar membuat kertas F4 ini tidak dimasukan ke dalam system Aplikasi. Bahkan untuk di aplikasi seperti Microsoft Word, Exel bahkan aplikasi Photoshop dan Coreldraw ukuran kertas ini tidak ada secara otomatis. Untuk itu kita harus mengetahui ukurannya secara manual agar kita bisa tau perbandingannya dalam satuan CM, MM, Pixel dan Inci.

Ukuran Kertas F4 dalam CM

Ukuran kertas F4 dalam Centimeter adalah 21.5 cm x 33 cm. kertas ini banyak yang menyebutnya dengan istilah kertas Folio padahal kenyataannya berbeda.

Beberapa kertas F4 memiliki ukuran yang berbeda, contohnya kertas F4 ukuran 21cm x 33cm dan 21,6cm x 33cm. namun jika kita lihat perbedaanya tidaklah cukup jauh hanya selisih 0,5cm sampai 0,6cm.

Ukuran Kertas F4 dalam Inchi

Untuk ukuran kertas F4 dalam satuan Inchi adalah 8,27inci x 12,99inci. Dalam kasusnya ukuran dalam inchi masih banyak dipakai disuatu negara-negara tertentu, walaupun sebenarnya untuk di Word sendiri sudah disediakan dalam bentuk centimeter.

Ukuran Kertas F4 dalam MM

Ukuran kertas F4 dalam Satuan Milimeter yaitu 210 mm x 330 mm. jumlah angka tersebut bisa dibilang lebih besar dibandingkan dalam ukuran lainnya. Walaupun hasilnya tetap sama, hanya penyebutannya saja yang sangat besar.

Cara Membuat Ukuran Kertas F4 di Word

Untuk pengaturan kertas di Microsoft Word sendiri memang belum disediakan oleh Microsoft bahkan untuk versi terbaru sekalipun namun anda tidak perlu khawatir, karena kita bisa mengatur ukuran kertas F4 ini secara manual dengan cara berikut.

Untuk menseting kertas F4 ini langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu membuka aplikasi Microsoft Word kamu, Kemudian pilih Layout, terus masuk ke bagian Page Setup, Pilih menu Paper kemudian Paper Size isi dengan Angka 21cm pada Width dan 33cm pada Height lalu tekan OK. Untuk lebih jelas lagi maka saya buatkan urutannya seperti berikut :

  1. Pilih Tab Layout.
  2. Klik menu Page Setup
  3. Klik tab Paper
  4. Isi bagian Paper size dengan 21cm pada Width dan 33cm pada Height.
  5. Pilih OK

Jika masih kurang jelas dan dimengerti anda bisa melihat di gambar berikut ini :

Setelah penyetingan berhasil, secara otomatis bentuk tampilan kertas pada Word anda akan berubah menjadi ukuran yang anda inginkan.

Pada Tutorial ini saya menggunakan Microsoft Word versi 2016. Namun anda tidak perlu khawatir, walaupun versi Microsoft wordnya berbeda namun cara penggunaannya tetaplah sama.

Dan satu hal yang perlu kamu ketahui, setelah pekerjaanmu selesai dan Salinan file kamu tersimpan, ukuran kertas yang telah kamu setting tentu saja tidak akan berubah, yaitu tetap sama F4 dengan Lebar 21cm dan Panjang 33,5cm. 

begitulah cara menambahkan ukuran kertas f4 pada office 2016 yang telah kami buat ringkasannya. Untuk cara membuat ukuran kertas f4 di exel 2016 mungkin kami akan buat di artikel berikutnya atau juga kami update lagi pada artikel ini. dan juga kami sampaikan karena telah membaca artikel kami ini semoga menambah wawasan dan pengetahuan anda tentang ukuran kertas F4. Terima Kasih.