Tema, Filosofi, dan Arti Simbol HUT ke-76 RI

Hari Ulang Tahun atau HUT ke-76 RI akan selekasnya dirayakan di hari ini, Selasa, 17 Agustus 2021. Simbol dan topik peringatan HUT ke-76 RI juga sudah sah dipublikasikan pemerintahan lewat website sah Kementerian Sekretariat Negara. Adapun topik kemerdekaan yang digotong tahun ini ialah Indonesia Kuat, Indonesia Tumbuh.

Semua topik dan simbol peringatan HUT ke-76 RI itu tercantum pada Surat Menteri Sekretaris Negara Nomor: B.446/M/S/TU.00.04/06/2021 tertanggal 16 Juni 2021.

Logo resmi HUT RI Ke-76 2021

Diambil dari situs sah punya Kementerian Sekretariat Negara (Setneg), ada beberapa arti pada topik, simbol, dan arti peringatan HUT ke-76 RI yang berjalan di tengah-tengah wabah Covid-19.

Topik "Indonesia Kuat, Indonesia Tumbuh" yang diangkat pada perayaan HUT ke-76 RI tahun 2021 ini menggambarkan nilai-nilai kekuatan, semangat tidak mudah menyerah untuk maju terus bersama dalam tempuh jalan penuh rintangan, agar capai masa datang yang lebih bagus.

Topik pada perayaan ini kali betul-betul penuh akan arti perjuangan warga Indonesia dalam hadapi wabah yang belum berakhir.

Berikut arti komplet dari pemakaian simbol itu.

1. Filosofi Simbol HUT RI

Simbol Kemerdekaan ke-76 RI ini sebagai visualisasi topik yang digotong tahun ini yakni 'Indonesia Kuat, Indonesia Tumbuh."

Topik itu menggambarkan nilai-nilai kekuatan, semangat tidak mudah menyerah untuk maju terus bersama dalam tempuh jalan penuh rintangan, agar capai masa datang yang lebih bagus.

Filosofi itu dilukiskan dalam formasi aktif antara wujud geometris yang simpel, tetapi kuat, dan dalam kombinasinya yang bergeliat dengan energi yang gesit.

2. Arti simbol HUT RI

Diambil dari situs sah setneg, ada empat arti dalam simbol yang digotong HUT ke-76 RI pada 2021 ini. Berikut keterangan selengkapnya:

a. Kestabilan Pembangunan

Wujud angka '7' diasumsikan sebagai sisi dari 'tiang pancang' infrastruktur yang ditargetkan oleh pemerintahan, untuk memberikan dukungan pemercepatan ekonomi Indonesia.

Wujud ini menyimbolkan 'kepala Garuda', simbol Pancasila sebagai dasar berkebangsaan dan bernegara.

b. Gerak dan Perkembangan

Wujud angka '6' diasumsikan sebagai 'orang dan roda yang bergerak' maju terus di depan, yang menyimbolkan perkembangan dan pemercepatan ekonomi.

c. Ruangan Kebersama-samaan

Wujud ini diasumsikan sebagai 'ruang' yang menyimbolkan negara memberinya ruangan demokrasi ke rakyat, untuk ikut berperan dalam pembangunan Indonesia.

Disamping itu bisa diasumsikan wujud 'panah' yang menyimbolkan perkembangan berkaitan.

d. Persatuan dan Keinginan

Lambang 'lingkaran' sebagai wujud prima yang menggambarkan keinginan akan kesuksesan dari segala hal seperti ingin diraih. Wujud ini dapat diasumsikan 'persatuan' Indonesia.

Itulah filosofi dan arti dari topik dan simbol kemerdekaan Indonesia yang ke-76 tahun ini. Mudah-mudahan semua arti dan kandungan itu bisa betul-betul terlaksanakan di kehidupan bermasyarakat dan bernegara nantinya.