Proposal Kegiatan : Pengertian, jenis dan Tujuan

Proses pembikinan proposal kegiatan pada intinya tidak berbeda jauh dengan makna riset, di mana dalam pengaturannya dibutuhkan perancangan satu kegiatan supaya jalan sebagimana harusnya, karena itu proposal dipandang seperti cara awalan yang harus dipersipakan saat akan mengawali satu project atau kegiatan. Namun, di antara proposal riset dan proposal kegiatan menyuguhkan info yang lain. Perbedannya seandainya proposal kegiatan harus dapat menggambarkan kegiatan yang bakal akan dilkukan.

Proposal Kegiatan

Hingga dalam masalah ini terhitung agenda kegiatan, keperluan bujet, formasi kepanitiaan untuk kegiatan itu, dan sebagainya Tapi yang jelas, umumnya salah satunya arah pengaturan proposal kegiatan untuk kepentingan pengajuan dana ke sponsor, hingga proposal harus diatur sedetil kemungkinan supaya faksi tujuan dapat mempunyai deskripsi seperti apa kegiatan yang bakal yang akan diselenggarakan.

Proposal Kegiatan

Proposal pada intinya sebagai satu perancangan kegiatan yang bakal berjalan berbentuk tulisan dengan struktural dan terinci, hingga proposal diatur untuk mendapat kesepakatan faksi lain, juga bisa diatur untuk kepentingan permintaan dana kontribusi yang nanti bakal ada kerja-sama di antara faksi yang ajukan proposal dan faksi yang memberikan kontribusi.

Hingga tidak salah bila disebutkan jika proposal ialah keinginan kontribusi keuangan untuk melakukan project atau kegiatan yang ada pengajuan gagasan sebuah kegiatan baik itu yang memiliki sifat pribadi atau barisan.

Pengertian Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan ialah sebuah gagasan yang dituangkan ke wujud perancangan kerja oleh organisasi sosial atau instansi pemerintah yang proses pembikinannya digerakkan buat memperoleh ijin atau cari sponsor acara supaya bisa menolong secara keuangan dan nonfinansial.

Pengertian Proposal Kegiatan Menurut Beberapa Pakar

Adapun pengertian proposal kegiatan menurut beberapa pakar, diantaranya:

  • KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Proposal kegiatan ialah rangkaian gagasan yang dituangkan berbentuk perancangan kerja, rencana secara struktural, masak dan cermat yang dibuah oleh periset saat sebelum melakukan riset, baik riset di atas lapangan (field research) atau riset kepustakaan (library research).
  • Hasnun Anwar (2004), Proposal adalah rangkaian gagasan yang diatur dan dibikin untuk kegiatan tertentu. Seperti kegiatan seminar, acara persaingan, dan lain-lain.
  • Jay (2006), Pengertian proposal kegiatan ialah wujud alat tolong management standard supaya management bisa befungsi secara efektif dlam lakukan pengendalian kegiatan.

Tujuan Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan dibikin dengan arah untuk;

1. Menerangkan Gagasan Kegiatan

Arah kegiatan dalam proposal sebenarnya adalah sampaikan satu gagasan kegiatan, hingga atas dasar tersebut kegiatan itu dapat diterima sekalian selanjutnya memperoleh support, memperoleh ijin, dan memperoleh dana dana dari sponsor untuk keberlancaran jadwal yang diadakan.

2. Memberinya Laporan Penerapan Kegiatan

Faedah yang menjadi satu diantara sisi dibanding arah pengaturan proposal kegiatan adalah memberinya penerapan pada laporan kegiatan yang digerakkan. Hingga atas dasar ini selanjutnya beberapa pihak yang menolong makin percaya. Apa lagi seandainya pada bagian akhir jadwal umumnya ada laporan pertanggung jawaban kegiatan.

Kelebihan dan Kekurangan Proposal Kegiatan

Ada sejumlah keuntungan dan rugi yang bisa didapat dengan membuat proposal. Keterangan selengkapnya sebagai berikut;

Kelebihan Di antara lain;

  • Proposal ialah document penting yang menolong tumbuhkan jalinan professional awalnya. di antara organisasi (faksi yang bakal melangsungkan kegiatan) dan faksi pemberi donor dana atas kegiatan yang bakal dikerjakan.
  • Proposal memberikan fasilitas kalimat yang pas untuk konsepsi satu gagasan.
  • Proposal mempunyai rangka kerja yang memutuskan beberapa ide secara resmi untuk pengetahuan yang terang mengenai kegiatan ke pemberi donor dana.
  • Proposal yang sukses memiliki arti kontribusi keuangan untuk organisasi untuk tumbuh untuk menduplikasi project dan beberapa ide.

Kekurangan Yakni;

  • Berencana permasalahan: Walau ada gagasan bagus, tetapi saat Anda coba merencanakan secara luas, Anda kemungkinan hadapi banyak rintangan yang tidak tersangka
  • Kerap ada tenggat saat yang ketat, dan proposal kemungkinan ditampik

Peranan Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan mempunyai beberapa faedah, salah satunya yakni:

  • Sebagai pengajuan gagasan kegiatan dari lembaga-lembaga pemerintahan atau swasta
  • Sebagai pengajuan permintaan dana pada pihak sponsor
  • Sebagai data management dalam melangsungkan acara atau kegiatan yang lain

Contoh Proposal Kegiatan

Adapun untuk beberapa wujud dalam contoh proposal kegiatan tersebut, diantaranya:

  • Proposal Kegiatan Dusun

Yakni proposal yang dibikin oleh faksi dusun untuk satu kegiatan tertentu, misalkan kegiatan "Halal Bi Halal dan Bersilahturahmi Besar Dusun Wotsogo".

  • Proposal Kegiatan Sekolah

Yakni proposal yang dibikin oleh sebuah sekolah atau instansi pengajaran saat akan melangsungkan satu kegiatan. Misalkan kegiatan milad atau hari kejadian sekolah, acara 17 Agustus, perpisahan, dan beragam jadwal lain.

  • Proposal Kegiatan Universitas

Yakni proposal yang dibikin saat membuat satu kegiatan berbasiskan universitas, misalkan kegiatan BEM, UKM, ulang tahun universitas, dan lain-lain. Misalkan Proposal Kegiatan Lomba Porseni Tingkat SMA Kampus Indonesia Tahun 2021.

  • Proposal Sponsorship

Yakni proposal yang diperuntukkan pada pihak sponsor untuk memberikan dukungan satu kegiatan supaya kegiatan itu dapat berlanjar lancar. Dalam masalah ini faksi sponsor akan memberinya kontribusi dana untuk kegiatan itu. Misalkan Proposal Sponshorship untuk Lomba PBB Tingkat SD/ SMP/ SMA se Jawa Timur.

  • Proposal Kontribusi Dana

Yakni dibikin dalam cari kontribusi dana untuk satu usaha atau acara tertentu. Misalkan proposal kontribusi dana untuk membuat mushola, proposal kontribusi dana untuk membuat pesantren, proposal kontribusi dana untuk membuat jalan, dan ada banyak kembali tipe jadwal yang memerlukan kontribusi dana.

  • Proposal Kegiatan Usaha

Yakni proposal yang dibutuhkan untuk maksud peningkatan sebuah usaha. Arah intinya adalah untuk cari kontribusi dana dalam soal itu. Misalkan yakni Proposal Usaha Budidaya Lele PT Jaya Kekal.

Cara Membuat Proposal Kegiatan

Dalam membuat proposal kegiatan ada banyak elemen yang penting Anda kenali, berikut adalah urutan proposal kegiatan salah satunya yakni:

  • Dasar pertimbangan, yakni pertimbangan mengenai kegiatan sebagai dasar dibikinnya proposal.
  • Background kegiatan, yakni argumen atau background satu kegiatan perlu untuk diselenggarakan.
  • Arah kegiatan, yakni target yang bakal diraih melalui kegiatan.
  • Wujud kegiatan/sistem penerapan kegiatan, yakni beberapa bentuk kegiatan yang bakal dikerjakan.
  • Waktu dan tempat kegiatan, yakni saat yang diperkirakan saat berjalannya kegiatan dan lokasi yang dipakai dalam kegiatan.
  • Agenda kegiatan, yakni daftar acara atau posisi kegiatan
  • Peserta kegiatan, yakni beberapa orang yang ikut dalam kegiatan
  • Ongkos kegiatan, yakni perincian ongkos yang duperlukan sepanjang kegiatan. Perincian itu meliputi: pengeluaran pos-pos dan jumlah pengeluaran, penghasilan/sumber ongkos asal ongkos yang dipakai untuk kegiatan.
  • Panitia pelaksana/penerapan kegiatan, yakni beberapa orang yang bertanggungjawab dalam kegiatan.
  • Penutup yang berisi rumusan keinginan penyelenggaraan supaya kegiatan sukses.
  • Tempat dan tanggal pengaturan proposal.
  • Tanda-tangan (tanda-tangan yang diikutkan yakni dari sekretaris, ketua (penanggung jawab aktivitas), ketahui atasan).
  • Nama terang penanggung jawab kegiatan.

Sesudah ketahui beberapa unsur dalam Kerangka proposal kegiatan, berikut susunan kepenulisan dalam membuat laporan kegiatan:

1. Tulis Nama Kegiatan

Nama kegiatan seperti judul satu tulisan. Oleh karenanya, nama kegiatan harus dibikin sangat menarik hingga dapat munculkan rasa ingin ketahui pembaca. Ada banyak hal yang penting jadi perhatian dalam pembikinan nama kegiatan, yakni: Sesuai topik kegiatan, Singkat, padat, dan terang, Diutarakan berbentuk frasa.

2. Tulis Pendahuluan Proposal

Di bagian pendahuluan dihidangkan argumen kenapa satu kegiatan harus dikerjakan. Oleh karenanya, saat menulis sisi ini harus dapat memperlihatkan keutamaan penerapan kegiatan yang bakal dikerjakan.

3.Tulis Arah Kegiatan

Arah kegiatan berperan untuk arahkan dan memusatkan kegiatan yang bakal dikerjakan.

4.Tulis Target Kegiatan

Sisi target kegiatan berisi mengenai instansi, personel, organisasi, atau golongan masyarakat tertentu yang bakal jadi peserta dari kegiatan.

5. Masukkan Agenda Kegiatan

Sisi ini berisi waktu dan tempat penerapan kegiatan.

6. Tulis Formasi Acara/Kegiatan

Di bagian daftar acara diterangkan mengenai formasi kegiatan yang bakal diadakan.

7. Tulis Formasi Kepanitiaan

Sisi ini mengatakan mengenai formasi kepanitiaan yang bertanggungjawab melakukan kegiatan.

8. Bikinlah Perancangan Bujet Yang Diperlukan

Proposal yang bagus harus memberikan perincian ongkos penyelenggaraan kegiatan. Alangkah baiknya kalau ongkos itu diakui secara rasional dan realitas, baik itu penghasilan atau pengeluarannya. Perkiraan pendanaan yang dibikin dengan seorang penyusun proposal bisa menjadi pemikiran calon penyandang dana atau donator. Biaya anggaran dapat dibagi jadi tiga sisi, yakni penyiapan, operasional, dan laporan.

9. Tulis Penutup Proposal

Penutup Proposal kegiatan ialah sisi akhirnya perbincangan rencana kegiatan. Dapat disebutkan jika sisi ini sebagai ‘rayuan' paling akhir penyusun proposal ke pembaca untuk tentukan diterima atau tidak sebuah proposal.


Oleh karenanya, di bagian ini penyusun proposal harus dapat berikan motivasi calon penyandang dana, donatur, sponsor, atau simpatisan dengan memperlihatkan rasa optimis pada kegiatan yang diperkirakan.

Nach, itu barusan aartikel komplet yang dapat kami tulis ini, berkaitan dengan materi pemahaman proposal kegiatan menurut beberapa pakar, tipe, arah, kelebihan, kekurangan, peranan, contoh, dan langkah membuat. Mudah-mudahan memberinya rekomendasi pada seluruh pembaca. Terima kasih