Prinsip Hukum Archimedes

Prinsip Hukum Archimedes - Bila anda belajar IPA atau Fisika tentu mengenal dengan yang bernama hukum Archimedes. Hukum Archimedes sebagai hukum yang diketemukan dengan seorang ilmuwan bernegara Yunani namanya Archimedes berkenaan konsep pengapungan benda di atas air. Archimedes ini sebagai seorang matematikawan, fisikawan, astronom, seorang insinyur. Kekuatannya masalah matematika dan fisika telah dianggap oleh dunia. Bahkan juga Archimedes dikelompokkan ke ilmuwan matematika dan fisika kuno terbaik dan paling besar pada zamannya.

prinsip hukum archimedes

Konsep Hukum Archimedes - Nach, ini kali saya akan coba share info ke anda semuanya tentang konsep dari hukum Archimedes, dimulai dari riwayat singkat, bunyi hukumnya, s/d contoh dan implementasi aplikasinya di kehidupan setiap hari. Oke langsung berikut infonya.

Sejarah Singkat Hukum Archimedes

Pada awlnya Archimedes diperintah oleh raja untuk menyaksikan mahkotanya apa dibuat dari emas murni atau mungkin tidak. Sebelumnya Archimedes benar-benar kesusahan untuk mendapati jawaban sampai dia frustasi dan menceburkan dianya ke kolam. Saat itu archimedes sadar saat menyaksikan air yang ada pada kolam tumpah. Archimedes lari kegirangan sekalian berbicara "saya sudah mendapati jawabnya". Pada akhirnya dijumpailah jika mahkota si raja sudah digabungi perak dan dari situlah hukum Archimedes diketemukan dan memulai dikenali di penjuru dunia.

Bunyi Hukum Archimedes

Satu benda yang di celupkan beberapa atau seluruhya di dalam zat cair akan alami style ke atas yang besarnya sama dengan berat zat cair yang dipindah oleh benda itu

Dari bunyi hukum itu bisa diambil penjelasan jika benda akan melayang-layang bila periode tipe benda lebih kecil dibanding periode tipe air. Benda akan melayang-layang jika periode tipe benda sama dengan periode tipe air. Benda akan terbenam bila periode tipe benda lebih berat dibandingkan dengan periode tipe air.

Rumus Hukum Archimedes

FA = ?a x Va x g

Contoh Implementasi Hukum Archimedes

Hukum archimedes bisa diaplikasikan pada kehidupan setiap hari seperti pemakaian alat ukur periode tipe, pemakaian jembatan poton, tehnologi perkapalan, dan tehnologi balon udara.

Demikianlah pembahasan artikel kami tentang Prinsip Hukum Archimedes, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi anda para pembaca PusatPelajar. Terima Kasih