Paragraf : Pengertian dan Jenis-jenisnya

Pengertian Paragraf

Menurut KBBI, arti paragraf tersebut ialah sisi dari bab dalam esai yang umumnya berisi gagasan khusus dan tulisan diawali dengan baris baru.

pengertian paragraf

Paragraf dibutuhkan untuk ekspresikan gagasan yang bertambah luas dari pemikiran formasi, bicara mengenai paragraf sebetulnya telah masuk tempat pidato atau esai karena resmi simpel bisa terbagi dalam cuman satu paragraf . Maka tanpa kekuatan untuk atur paragraf, mustahil untuk seorang untuk membikin formasi.

Tipe-Jenis Paragraf

Ada beragam jenis paragraf yang perlu kita kenali. Bahkan juga, beberapa jenis paragraf mempunyai arah berlainan. Sudah pasti, jenis paragraf pertama tidak pas dengan jenis paragraf lain untuk text atau bacaan. Untuk kita yang tertarik dengan beragam jenis paragraf, berikut sebagai beberapa jenis paragraf dan contoh yang bisa kita dalami.

1. Paragraf Cerita

Pargraf cerita sebagai paragraf yang memvisualisasikan atau bercerita satu peristiwa secara berurut sesuai alurnya. Paragraf cerita bisa diilustrasikan pada kalimat berikut ini: Pada jam 08.00 pagi saat beberapa orang mulai pergi ke kantor, terjadi kecelakaan di antara kendaraan sepeda motor yang dikemudikan oleh bapak Sudirman dan mobil ambulan yang akan mengatarkan mayat. Kececalkaan itu terjadi di jalan Semanggi Barat samping toko emas Simbol Jaya. Korban kecelakaan langsung dibawa ke rumah sakit dan pada akhirnya wafat pada jam 15.00.

2. Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi sebagai paragraf yang memvisualisasikan satu kondisi seperti seakan-akan penulis rasakan langsung apa yang dia catat. Contoh paragraf deskripsi: Dusun Mujang sebagai salah satunya dusun yang makmur yang ada di bawah lereng gunung Arjuna. Di dusun itu situasinya benar-benar sejuk. Banyak pohon-pohonan yang teduh dan panoramanyapun benar-benar cantik. Banyak bunga-bunga yang tumbuh di sejauh jalan dusun. Air yang berada di sanapun benar-benar dingin dan fresh.

3. Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi sebagai paragram yang menerangkan atau menjelaskan info ke seseorang. Paragraf eksposisi ini bisa berbentuk panduan penggunaan barang, atau panduan pembikinan satu barang. Pokoknya paragraf ini dibikin untuk menerangkan satu hal atau info ke seseorang supaya seseorang pahami dengan hal yang kita terangkan.

4. Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi sebagai paragraf yang disampaikan seseorang, dapat berbentuk sanggahhan atau respon.

5. Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi sebagai paragraf yang dibikin untuk memengaruhi beberapa pembacanya untuk lakukan suatu hal.sebuah hal. Paragraf ini biasa dipakai untuk iklan, atau anjuran.