Cerita Fiksi: Pengertian, Ciri-ciri dan jenisnya

Apa yang dimaksud dengan cerita fiksi adalah adalah cerita khayalan atau tidak nyata. pengertian cerita fiksi ialah karya sastra yang berisi bermacam-macam cerita rekaan bisa juga yang di dasari fantasi. Dan bukan berdasarkan atas kejadian nyata.

cerita fiksi

Cerita Fiksi dan Non Fiksi

Perbedaan cerita Fiksi dan non fiksi, merupakan suatu prosa naratif yang bertabiat karangan non ilmiah dari penulis yang bukan bersumber pada realitas. Sehingga cerita ini tidak terjalin di dunia nyata, melainkan imajinasi dari seorang saja. Sebaliknya Non Fiksi merupakan sesuatu karangan yang isinya tidaklah imajinasi. Namun merupakan sesuatu karya seni yang bersifat fakta ataupun memiliki kebenaran di dalamnya.

Ciri ciri Cerita Fiksi

  • Sifatnya adalah imajinasi dari si pengarang saja.
  • untuk kebenaran dari ceritanya patut di pertimbangkan.
  • Fiksi ini biasanya memakai bahasa yang bukan sebenarnya
  • Tidak memiliki Sistematika yang baku di dalamnya.
  • Tujuan dari Karya Fiksi adalah berorientasi pada emosi dan perasaan pembacanya bukan pada logika.
  • namun untuk Fiksi ini mempunya pesan moral di dalamnya.

Cerita Fiksi Pendek

sama halnya dengan cerita pendek atau yang lebih di kenal dengan istilah cerpen, cerita fiksi pendek juga bisa di bilang cerpen namun perbedaan di dalam cerita ini terdapat pesan moral ataupun amanat yang terkandung di dalam ceritanya sehingga membuat para pembaca bisa mengerti dari pesan tersebut.

Jenis-jenis Cerita Fiksi

jenis cerita fiksi terbagi menjadi 4 bagian. Yang pertama adalah Dongeng yang merupakan cerita yang berasal dari mulut ke mulut dan tersebar tanpa kita ketahui asal muasalnya. Ke dua yaitu Novel yang merupakan cerita Fiksi yang bercerita tentang kisah hidup seseorang, biasanya di dalam Novel terdapat alur cerita yang di buat dengan pro dan kontra serta memiliki ending yang klimaks. Yang ke tiga yaitu cerpen dan yang ke empat adalah Roman

Cerita Sejarah Fiksi

Karangan Sejarah Fiksi yaitu jenis Cerita Fiksi yang ceritanya dengan latar sejarah masa lampau ataupun masa lalu yang memang benar-benar terjadi pada masa itu, tetapi untuk tokoh-tokoh utama di dalam cerita tersebut tidaklah dapat di ceritakan secara detail melainkan tokoh-tokoh tersebut di tampilkan secara fiksi nampun untuk keaslian ceritanya benar-benar ada.

Cerita Fiksi Singkat

Karangan Fiksi singkat merupakan karya faksi yang bisa di bilang sangat singkat dan bahkan lebih pendek dari cerita pendek. untuk ukuran kalimat di sebuah cerita ini tidak memiliki ukaran yang jelas. dan rata penulisan fiksi singkat ini memiliki rata-rata sekitar 260 sampai 1001 kata saja.

Cerita Fiksi Pendek Anak anak

Karya fiksi pendek anak-anak biasa nya berisi Karya fiksi dongeng singkat ataupun panjang namun kaya akan pesan atau nilai moral yang terkandung di dalamnya. hal ini dibuat untuk bertujuan meningkatkan moral anak dimana pada masa kecil anak-anak memang harus di berikan wawasan yang luas sehingga untuk cerpen fiksi ini memang baik disuguhkan kepada anak khususnya dapat kita ceritakan ketika akan tidur.

Cerita Fiksi Kota Tangerang

Karya fiksi Kota Tanggerang adalah cerita yang berisi tentang dongeng yang ada di kota yang terletak di salah satu provisi banten yang ada di indonesia. Terdapat cerita fiksi dari kota tanggerang yang dapat kita ketahui antara lain, legenda banjir sungai cisandane, legenda teluk naga, asal usul desa lengkong dan pendekar cisandane.

Cerita Non Fiksi

cerita non fiksi adalah cerita yang di buat berdasarkan fakta realita atau yang memang benar-benar terjadi tejadi dalam kehidupan nyata. Karya Non Fiksi biasanya berisi hal yang informatif yang pengarangnya bisa mempertanggung jawabkan kebenaran dari infomasi tersebut dan tidak di susun berdasarkan cerita fiktif belaka. oleh karena itu di dalam penulisannya benar-benar harus di dukung fakta dan data agar dapat diterima oleh nalar pembaca.

cerita fiksi adalah

Ciri-Ciri Cerita Non Fiksi

  1. Tidak memakai tata bahasa

Kontradiksi dari cerita fiksi. Biasanya cerita nonfiksi tidak memakai tata bahasa. Tujuannya ialah penulisan dicatat memakai bahasa yang di catat yang apa adannya, sesuai bukti, rekomendasi dan sama sesuai dengan apa yang diketemukan di atas lapangan.

  1. Memakai bahasa yang karakternya denotatif

Tipe cerita ini dicatat memakai bahasa yang karakternya denotatif. Di mana penulisan tidak memakai bahasa tersurat atau dikatakan otomatis. Kebalikannya, penulisan buku nonfiksi dikatakan langsung tanpa penyekat talenta yang berlebih-lebihan.

  1. Berupa cerita ilmiah

Cerita non fiksi dicatat berupa cerita ilmiah. namannya cerita ilmiah, sudah tentu dari sisi memiliki bentuk tidak dapat seenak penulis. karena ada ketentuan main sendiri.

  1. Dicatat berdasar pengkajian

Tipe cerita ini dicatat berdasar pengkajian, penilaian atau hasil dari riset. Berlaku berdasar pengkajian literatur juga bisa juga. Kuncinya ada sumber yang diacu. Beberapa sumber yang dipakai berikut yang dipertanggungjawabkan atas tulisan yang kamu bikin.

Contoh Cerita Fiksi

Contoh Cerita Non Fiksi

Contoh Cerita Fiksi Pendek

Cerpen Fiksi

Contoh Cerita Non Fiksi Tentang Pendidikan

Contoh Cerita Non Fiksi Pendek